MESIN ROTARY DAN SEJRAHNYA

   

    Mesin Rotary atau mesin Wankel adalah mesin pembakran dalam yang digerakkan oleh tekanan yang dihasilkan oleh pembakaran dirubah menjadi gerakan berputar pada rotor yang menggerakkan sumbu. Mesin ini ditemukan oleh seorang insinyur Jerman Felix Wankel. Dia memulai penelitiannya pada awal tahun 1950an di NSU Motorenwerke AG (NSU) dan prototypenya yang bisa bekerja pada tahun 1957. NSU selanjutnya melisensikan konsepnya kepada beberapa perusahaan lain di seantero dunia untuk memperbaiki konsepnya.

     Mesin Rotary merupakan mesin yang sangat kompak, ringan, dan memiliki cara kerja yang ringkas. Pada mesin ini  gerakan naik-turun piston diubah menjadi gerakan rotasi dari part yang bernama rotor(memiliki fungsi yang sama dengan piston) yang disaat yang sama melakukan langkah hisap,kompresi,nyala busi, serta pembuangan. Dengan cara kerja yang lebih ringkas dari mesin piston membuat mesin ini memiliki tenaga yang sangat besar dengan kapasitas mesin yang kecil,sebagai perbandingan 1 rotor mesin rotary setara dengan mesin piston dengan 3 piston.Dengan segala kelebihannya mesin Rotary memiliki kelemahan yang sangat fatal yaitu konsunsi bahan bakar yang sangat boros dan kadar emisi buang yang sangat buruk.
    pada awalnya, mesin Rotary biasa digunakan pada pesawat tempur Jerman pada era 50-an.Hingga akhirnya mesin ini dilirik oleh beberapa pabrikan otomotif sperti roll-royce,GM,mercedes-benz,hingga Mazda.
     Tapi, dari sekian banyan pabrikan otomotif yang mencoba mengenbangkanya, hanya Mazda-lah yang berhasil mengenbangkan mesin ini hingga tahap produksi. Mazda memperkenalkan mazda cosmo di ajang Tokyo Motor Show 1963 sebagai mobil pertama yang menggunakan mesin Rotary sebagai dapur pacu utamanya.Cosmo mengusung mesin berkode 0810 dengan kapasitas mesin 982 cc yang dipadukan dengan transmisi manual 4 percepatan dan 5 percepatan.Meski kapasitas mesin yang kecil, cosmo dapat menyemburkan tenaga hingga 110 daya kuda
    Kecepatan tertinggi yang dapat diraih mencapai 185 km/jam. Kecepatan tersebut diraih dalam waktu 16,3 detik di jarak 400 meter.
   Mazda melakukan penyegaran pada cosmo di tahun  1968. Mengusung mesin berkode 0813 dengan kapasitas mesin yang sama di angka 982 cc, Cosmo generasi kedua tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga 130 daya kuda.

Salah satu pencapaian terbaik mobil dengan paras seksi ini adalah sukses mengikuti ajang balap 84 hour Marathon de la Route yang dihelat di Sirkuit Nurburgring, Jerman pada tahun 1968.
    Pencapaian terbaik mazda dengan mesin rotarynya saat Mazda 787B memenangkan kejuaraan balap ketahanan yang terdiri atas 362 putaran pada ajang balap legendaris Le Mans pada tahun 1991.Dengan begitu, Mazda 787B menjadi mobil balap Jepang pertama yang berhasil menaklukan sirkuit Le Mans,Perancis dalam ajang balapan ketahanan 24 Jam dan mampu membuat merek Eropa seperti Porsche, Jaguar, Mercedes dan Peugeot bertekuk lutut.Ironisnya, panitia melarang penggunaan mesin Rotarry pada musim berikutnya. Peraturan tersebut membuat mazda 787B pensiun dari Le Mans.


panitia melarang penggunaan mesin rotary yang digunakan 787B di musim selanjutnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mazda 787B, Sang Legenda yang Taklukkan Le Mans", https://otomotif.kompas.com/read/2014/08/19/163332315/Mazda.787B.Sang.Legenda.yang.Taklukkan.Le.Mans.
Penulis : Wisnubrata
mobil balap Jepang pertama yang menaklukkan sirkuit Le Mans, Prancis, dalam balapan ketahanan 24 jam pada 1991. Sayang setelah menjadi juara, panitia melarang penggunaan mesin rotary yang digunakan 787B di musim selanjutnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mazda 787B, Sang Legenda yang Taklukkan Le Mans", https://otomotif.kompas.com/read/2014/08/19/163332315/Mazda.787B.Sang.Legenda.yang.Taklukkan.Le.Mans.
Penulis : Wisnubrata
mobil balap Jepang pertama yang menaklukkan sirkuit Le Mans, Prancis, dalam balapan ketahanan 24 jam pada 1991. Sayang setelah menjadi juara, panitia melarang penggunaan mesin rotary yang digunakan 787B di musim selanjutnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mazda 787B, Sang Legenda yang Taklukkan Le Mans", https://otomotif.kompas.com/read/2014/08/19/163332315/Mazda.787B.Sang.Legenda.yang.Taklukkan.Le.Mans.
Penulis : Wisnubrata
mobil balap Jepang pertama yang menaklukkan sirkuit Le Mans, Prancis, dalam balapan ketahanan 24 jam pada 1991. Sayang setelah menjadi juara, panitia melarang penggunaan mesin rotary yang digunakan 787B di musim selanjutnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mazda 787B, Sang Legenda yang Taklukkan Le Mans", https://otomotif.kompas.com/read/2014/08/19/163332315/Mazda.787B.Sang.Legenda.yang.Taklukkan.Le.Mans.
Penulis : Wisnubrata

    Mazda membekali 787Bdengan mesin rotary 4 rotor tanpa turbo berkode R26B, berkapasitas 2.600 cc.
Dengan kapasitasnya tergolong kecil, 787B bisa menghasilkan tenaga 700 hp.Menurut Mazda, mesin R26B di Mazda 787B itu bisa sampai 950 hp tanpa turbo, tapi bakal cepat rusak jika dipaksa untuk menghasilkan tenaga sebesar itu. Terlebih, karena Le Mans juga menilai ketahanan mesin, Mazda membatasinya sampai 700 hp saja
     Mazda menjadikan mesin Rotary sebagai jantung pacu wajib bagi RX-series



       Mazda mengeluarkan 13B - MSP Renesis yang di gunakan RX8 dan juga sebagai penutup mobil Rotary mazda.13B - MSP Renesis mewarisi dari Mesin Rotary sebelumnya adalah tata letak dua rotor 654 cc. Selain itu Renesis 13B - MSP merupakan mesin yang sama sekali baru .Peningkatan desain terkemuka adalah sisi exhaust port . Tidak seperti mesin rotary sebelumnya , yang mempekerjakan port intake dan exhaust port sisi perifer , 13B - MSP Renesis memiliki intake dan exhaust port di sisi rumah . Konfigurasi ini menghilangkan tumpang tindih antara waktu intake port / exhaust . Dengan cara ini , gas buang tidak dibawa ke siklus asupan berikutnya , mempromosikan pembakaran lebih stabil dan lebih tinggi ekonomi bahan bakar berkualitas






   Mazda mengeluarkan RX8 spririt R sebagai penutup RX-series

  

Rotary yang Kini Mati Suri Dibunuh Emisi

     Karena bentuk dan sifat ruang pembakarannya yang unik, mesin rotary memiliki efisiensi termal yang relatif rebih rendah dibandingkan dengan mesin konvensional. Lebih lanjut, karakter mesin rotary akan sering meninggalkan bensin yang tidak terbakar terbuang dari knalpot.  Boros dan tidak efisien.
Tendensi menciptakan ‘backfire‘ di sistem pembuangan ini adalah kekaguman tersendiri untuk telinga para enthusiast. Brap-brap-braap kata mereka. Tetapi ini tentu merupakan hal buruk untuk alam terkait emisi gas buang yang merusak lingkungan.
     Dari desainnya, mesin rotary juga memiliki kecenderungan membakar oli. Tak heran jika pemilik mobil bermesin rotary dihimbau untuk lebih sering mengecek level ketinggian oli demi memastikan rotor terlumasi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu RICER? MENGUPAS TUNTAS SEGALA TENTANG RICER