Apa Itu RICER? MENGUPAS TUNTAS SEGALA TENTANG RICER


Awal mula, RICER merupakan julukan orang amrik kepada anak muda yang ikut ikutan balapan di sana dengan mobil buatan Jepang yang lebih terkenal sebagai mobil ekonomis bukannya mobil kencang(sebelum era supra dkk).Para ricer biasanya memodifikasi mobil mereka dengan tampilan eksterior yamg gahar tapi berbanding terbalik dengan performa mesin yang "B" aja. Jadilah muncul julukan RICER yang merupakan plesetan dari kata racer.
 



 Ricer juga konon merupakan singkatan dari Race Inspired Cosmetic Enhancements. Definisi dari akronim ini adalah penambahan hiasan/ perias (kosmetik) yang terinspirasi dari mobil balap. Segala sesuatu tambahan (aksesoris) atau modifikasi yang berfungsi semata-mata sebagai hiasan, perias, pemanis yang terinspirasi dari mobil balap yang tidak berfungsi signifikan menambah performa mobil masuk ke dalam definisi Rice ini. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut.

1. Mengganti knalpot dengan knalpot berukuran besar
  Biasanya para ricer mengganti knalpot dengan knalpot berukuran besar.Dengan suara yang besar seperti mobil balap mereka merasa paling cepat. Namun tanpa perhitungan yang tepat, menggantik knalpot hanya akan mengakibatkan performa mesin jeblok.


2. Menempelkan asesoris air scoop pada kap mesin.
  Air scoop sejatinya untuk memberikan pasokan udara dingin kedalam ruang mesin sehingga mesin mendapatkan air dingin yang kaya oksigen untuk mengoptimalkan pembakaran yang hasil akhirnya adalah meningkatkan performa kinerja mesin. Biasanya air hood ini ditambahkan ke mobil bermesin turbocharger yang membutuhkan banyak pasokan udara dingin untuk meningkatkan performa turbo nya.



Tetapi para ricer memasang hanya untuk tempelan belaka tanpa fungsi yang jelas, alih-alih tampak racing malah terlihat konyol.

3. Memasang sayap (rear wings) custom berukuran besar yang tidak berpengaruh positif pada aerodinamis mobil.
  Rear wings di desain untuk mengatur downforce  mengurangi daya angkat (lift) yang timbul pada saat kecepatan mobil tinggi, selain itu rear wing mampu membantu meningkatkan handling dengan cara meningkatkan efek aerodinamis kendaraan yang dimiliki.


  Lain hal dengan ricer yang hanya berfungsi sebagai tempelan belaka, alih-alih kencang pemasangan rear wings jumbo pada mobil harian malah hanya memperberat kerja mesin mobil.

4. Memodifikasi pintu mobil ala Lamborghini (Scissor Door) agar terlihat seperti mobil supercar.
  Modifikasi mobil standard dengan pintu lambo ini tidak akan menjadikan mobil kita menjadi mobil supercar nalah terlihat sangat konyol dan hanya membuat pintu mobil kita menjadi rumit, berat, dan sulit dilalui.

       5. Memasang bodykit custom yang norak.
  Mengaplikasikan body kit custom full dempul pada mobil harian tidak akan mempengaruhi performa mobil dan kadang malah terlihat konyol. Body kit tanpa tujuan yang jelas juga malah berpengaruh negatif pada aerodinamis dan beban mobil.


       6. Memasang sticker-sticker bergaya mobil balap sirkuit.
   Para ricer sering kali menempelkan banyak stiker dengan maksud hati terlihat seperti mobil balap.
Tapi jumlah stiker yang mereka tempelkan kadang terlalu  banyak sehingga lebih terlihat seperti mobil tak terurus daripada mobil balap.
7. Mengecat caliper rem
   Memang banyak cara untuk meningkatkan performa mesin, namun untuk hal satu ini tidaklah berpengaruh terhadap performa mesin.
 8.Sticker fitur mobil
     Menempelkan sticker “Turbocharger” tidak akan membuat mobil kita memiliki turbo.Sama halnya   dengan sticker 4WD di mobil yang bukan 4WD, ataupun sticker berbau Drift di mobil FWD




RICER juga mempunyai kebalikan yaitu SLEEPER, yaitu mobil yang terlihat biasa saja dari luar tetapi ternyata memiliki performa/ tenaga yang luar biasa.

 Last,kita gabisa menilai sebuah aliran atau gaya modif orang lain itu ricer karena setiap orang mempunyai selera modif yang berbeda-beda. Intinya jangan buang-buang uangmu untuk part-part yang malah jadi mubadzir dan menjadikan tungganganmu terlihat konyol:).

Demikian ulasan kali ini. Silahkan bagi yang ingin berkomentar atau menambahkan.

                           Thanks for reading and sharing this article…









Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN ROTARY DAN SEJRAHNYA